Pemkot Mataram Programkan Rumah Murah PNS

 

Mataram, SumbawaNews.com – Pemerintah Kota Mataram akan melaksanakan program penyediaan rumah murah bagi pegawai negeri sipil pada tahun 2012 ini. “Hal itu diinisiasi Kementerian Perumahan Rakyat RI,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Mataram, Cukup Wibowo di ruang kerjanya, Kamis (12/4).

Program tersebut dikuatkan dengan telah ditandatanginya MoU penyediaan rumah murah bagi PNS antara Walikota Mataram H. Ahyar Abduh dengan tiga Kementerian  yakni Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat HR. Agung Laksono dan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi di Gedung Sasana Bhkati Praja Kantor Kementerian Dalam Negeri 3 April 2012 di Jakarta.

Dalam program ini, Kota Mataram mendapat prioritas dari 496 kabupaten/ kota se Indonesia bersama 55 kabupaten lainnya, karena Kota Mataram telah memiliki persiapan lahan pembangunan yakni seluas 2,3 hektare di jalan Lingkar Selatan, namun jumlah tersebut masih bisa bertambah tergantung kebutuhan rumah bagi PNS. “Dalam hal ini pemerintah pusat akan memberikan sharing anggaran terkait dengan infrastuktur yang dibutuhkan. Tetapi nominalnya belum diketahui,” ungkap juru bicara Pemkot Mataram ini.

Sesuai dengan harapan dari Kementerian Perumahan Rakyat lanjut  Kabag Humas, pemerintah daerah akan memberikan kemudahan dalam berbagai proses administrasi salah satunya bidang perijinan, agar nilai jual dapat ditekan dan terjangkau bagi PNS.

Cukup Wibowo mengatakan, program perumahan murah bagi PNS ini merupakan salah satu program Pemkot Mataram dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, mengingat kebutuhan akan perumahan masih banyak pemasalahan yang harus dipecahkan, diantaranya jumlah lahan untuk perumahan yang semakin terbatas dan harga yang semakin tinggi, serta jumlah backlog (selisih antara rumah yang tersedia dengan jumlah kebutuhan rumah yang harus disediakan) terus bertambah .

Sebelumnya Pemkot Mataram juga telah memprogramkan kegiatan rehab rumah tidak layak huni, pembangunan perumahan untuk nelayan, serta pembangunan rumah susun sederhana sewa (rusunawa). [Idham Halik]

Kategori: