PTNNT Bantu Siswa Asal Ropang Finalis LKIR LIPI

altSumbawa Besar, Sumbawanews.com.- Wujud komitmen perusahaan tambang tembaga dan emas, PT. Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) dalam memajukan dunia pendidikan di Sumbawa umumnya dan khususnya di wilayah sekitar eksplorasi PT.NNT. Perusahaan tersebut memberikan bantuan kepada sejumlah siswi SMPN 1 Ropang yang masuk dalam finalis Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) tingkat nasional yang berlangsung di Jakarta, pada 2 – 5 Oktober 2011 lalu maupun pada siswa yang mengikuti lomba hingga tingkat provinsi NTB.

Putri Hidayatul Rahmani (13) Siswi SMPN 1 Ropang yang kini duduk di kelas VIII itu wakili NTB masuk sebagai finalis dalam even yang digelar Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Jakarta itu.   Siswi kelahiran Labangkar Kecamatan Ropang itu membawa makalah yang berjudul Natural Chick Inovasi Herbal Kaya Vitamin sebagai Imunostimulan Untuk Meningkatkan Respon Imun pada Peternakan Ayam Rakyat.

Penyerahan bantuan berupa uang pembinaan itu diserahkan langsung manajer Eksplorasi PT.NNT, H. Kasan Mulyono didampingi Camat Ropang, Lukmanuddin ke siswa bersangkutan, Sabtu (15/10) di SMPN 1 Ropang. Masing-masing yakni kepada Putri Hidayatullah Rahmani finalis LKIR Nasional sebesar Rp 5 juta. Selain itu, juga siswi berprestasi di tingkat provinsi NTB yakni Marni Riskawati dan Ike Jelita Ariani masing-masing Rp 2, 5 juta.

H. Kasan Mulyono, Manajer Eksplorasi PT.NNT, menyampaikan rasa bangganya atas prestasi 3 siswa SMPN 1 Ropang. Sehingga ini, bisa berikan apresiasi dan dorongan untuk terus mengukir prestasi.

“Bagi yang berprestasi untuk terus berpreastasi dan bagi yang belum berprestasi masih banyak kesempatan untuk terus belajar dengan tekun dan meraih prestasi,” ujar H. Kasan Mulyono di hadapan camat, para guru dan siswa SMPN 1 Ropang.

Bagi yang saat ini meraih juara nasional akan diberikan bantuan sebesar Rp 5 juta, sedangkan yang duanya lagi diberikan bantuan masing-masing Rp 2,5 juta.
Bagi yang berprestasi untuk terus berpreasi hingga menempuh studi di bangku kuliah.

“Adik-adik yang mengukir prestasi hingga tingkat nasional itu adalah pahlawan di Kecamatan Ropang,” kata H. Kasan.

Dibagian lain, H. Kasan menyinggung soal rencana perusahaan akan melakukan ekplorasi mulai tahun ini yakni di Dodo dan diprogramkan hingga 2016-2017. Sehingga dengan masa eksplorasi itu, adik-adik yang saat ini masih duduk di SMP bisa selesaikan pendidikan sarjana dan memiliki kesempatan kerja dengan berbagai bidang studi.

“Jadi berbagai disiplin ilmu itu yang dibutuhkan dalam pertambangan. Jadi mulai saat ini harus belajar dengan giat dan lebih penting penguasaan bahasa Inggris,” katanya.

Camat Ropang, Lukmanuddin, menyampaikan bantuan yang diterima itu hendaknya bisa jadi motivasi untuk terus tingkatkan prestasi.
 
“Pada adik-adik, saya sebagai pribadi dan pemerintah kecamatan mengajak untuk terus giat belajar dan berdo’a dengan usaha maksimal. Sebab, ketekunan dan do’a merupakan kunci sukses. Jika dilakukan sungguh-sungguh dan maksimal maka hasilnya juga maksimal,” katanya. Apa yang diraih merupakan upaya keras yang dilakukan adalah ditekuni. Tidak hanya itu namun juga peluang di bidang olah raga.

“Kepada PT.NNT, kami  selaku pemerintah kecamatan sampaikan terima atas dukungan moril dan materi sehingga dorong salah satu sekolah terpencil ini tidak kalah dengan di kota. Ini menandakan, prestasi itu tidak mengenal ruang tapi lebih kepada ketekunan dan keseriusan,” katanya.

Putri Hidayatul Rahmani, finalis LKIR LIPI  itu kepada wartawan menjelaskan latar belakang karya ilmiahnya yakni mengetahui penggunaan antibiotik dalam bidang kesehatan sering melampaui batas dan residu. Baik pada hewan dan manusia yang menimbulkan berbagai penyakit. Tujuan penulisannya adalah mengetahui pengaruh pemberian kombinasi herbal sebagi Imunostimulan. Selain itu, mengetahui efektivitas pemberian kombinasi berbagai sediaan herbal terhadap performance ayam pedaging.

“Termasuk menghasilkan produk food suplemen sediaan herbal bermultivitamin,” jelasnya anak pasangan M. Taufik dan Farida itu.(anto)

Kategori: