Hujan dan Angin Kencang Masih Menerjang Sumbawa

 

Sumbawa Besar, Sumbawanews.com.- Hujan deras yang disertai angin kencang masih menerjang wilayah Kabupaten Sumbawa. Pohon tumbang terjadi dimana-mana dan banjir pun tidak kalah hebatnya dibeberapa aliran sungai di Kabupaten Sumbawa seperti aliran sungai/brang Pungkit yang melintasi Desa langam, Lopok di Kecamatan Lopok, hingga ke Desa Kakiang, Ngeru dan lain-lain diwilayah Moyo Hilir dan Moyo Utara. Namun dari pengalaman banjir lalu, masarakat kini semakin sigap dan siaga mengantisipasi bencana banjir. Tidak lagi terjadi kepanikan ketika banjir mulai datang. ” Kami masih trauma dengan banjir beberapa bulan lalu,sehingga seluruh warga semakin siap menghadapi terjangan banjir. Malam hari secara bergiliran masarakat disini memantau air sungai.“ ujar M.Khalid Silung mantan Kadus di Desa Kakiang, Jumat pagi (16/3).
 
Dari hasil pantauan hari ini Jum’at 16 Maret 2012 sejumlah tempat di Kota Sumbawa Besar nyaris lumpuh oleh luapan air sungai atau air hujan yang menggenangi beberapa titik. Brang/Sungai Pamulung pun hari ini meluap hingga ke Simpang Karaci dan Terminal Sumer Payung Labuhan Sumbawa. Jalan disekitar tempat itu sempat digenangi air bah setinggi kurang lebih 30 hingga 50 sentimeter dan menutup seluruh badan jalan. 
 
Sementara masyarakat Desa Nijang Kecamatan Unter Iwis juga dikagetkan oleh terjangan banjir yang turun dari gunung dekat desa itu. Setidaknya satu orang dilaporkan patah kaki dan sebuah rumah rusak parah akibat hantaman air gunung. Namun sampai berita ini ditulis, tidak ada warga setempat yang mengungsi.
 
Dari Kecamatan Maronge juga dilaporkan sungai di Desa Maronge mulai meluap sejak pagi dan air sudah mencapai pemukiman penduduk dibantaran sungai. Haji Ahmad Jalik seorang tokoh masrakat setempat yang dihubungi melalui ponsel membenarkan sungai Maronge meluap sejak Jumat pagi 16/3. “ Brang ( sungai )  Maronge jarang sekali seperti ini dan baru pada musim hujan kedua tahun ini airnya meluap hingga ke pemukiman masarakat “ tegas Haji Ahmad. ( Bang Mek )
 
Banjir di simpang karaci
 
 
 
 
 
 
Kategori: 

Comments

semoga cuaca ekstrim ini cepat berlalu.amin