Salamuddin Maula: Smelter PTNNT Harga Mati Dibangun Di Sumbawa

Sumbawa Besar, Sumbawanews.com.- Begitu besar keinginan masyarakat Sumbawa untuk membangun smelter PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) dikabupaten Sumbawa. hal tersebut dikatakan Salamuddin Maula, ketua fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), kepada Sumbawanews.com, kamis (3/5).

Menurut Salamuddin Maula, ketika smelter PTNNT dibangun di Sumbawa angkatan pengangguran masyarakat Sumbawa akan jauh lebih sedikit dan angkatan kerja akan bertambah.

“Saat smelter PTNNT dibangun di Sumbawa nantinya pasti akan menyerap tenaga kerja sekitar 20.000 tenaga kerja,” katanya.

Jika dikomparasikan dengan data Sumbawa dalam angka, yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbawa tahun 2010, saat ini terdapat angkatan kerja sekitar 179.571 orang, angkatan kerja yang sedang mencari kerja sebanyak 10.582 orang, dengan total 190.153 orang . Jika semelter PTNNT dibangun di Sumbawa  maka kebutuhan tenaga dari luar daerah Sumbawa dibutuhkan sebanyak 418 tenaga kerja.

“Itu baru dari satu posisi kerja, belum yang lainnya,” tegas Salamuddin Maula.

Bukan hanya itu, limbah smelter tersebut, nantinya akan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk pembuatan keramik, semen dan lainnya.

Untuk itu, ia menegaskan, pembangunan smelter PTNNT harga mati di kabupaten Sumbawa karena dapat meningkatkan angkatan kerja dan mengurangi angkatan pengangguran. (Ismu)

 


 

Kategori: