PT Newmont Pelaksana Uji Kompetensi Pertambangan

 

Benete KSB, SumbawaNews.Com - Mengacu kepada Undang-Undang Minerba No 4 Tahun 2009, dimana di wajibkan kepada setiap ahli tambang untuk memiliki sertifikat kompetensi, PT Newmont Nusa Tenggara, bekerjasama dengan Lembaga Profesi Sertifikasi (LPS) Perhapi dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) menggelar ujian kompetensi dengan mempercayakan perusahaan Tambang Batu Hijau PT Newmont Nusa Tenggara sebagai Tempat pelaksanaan Ujian Kompetensi, Jum'at (30/3/2012).
 
Bambang Haryono, selaku Eksekutif Perhapi serta terlibat secara langsung sebagai Esusor (tim penguji, red) menjelaskan, kegiatan ujian yang digelar merupakan angkatan XIII. Sementara total peserta yang telah diuji mencapai 400 orang yang keseluruhannya karyawan pertambangan diseluruh Indonesia diluar dari Non Migas.
 
Sasaran yang ingin dicapai dari sertifikasi melalui ujian kompetensi menurut Bambang, tidak bukan untuk meningkatkan kwalitas sumber daya manusia yang bekerja di Pertambangan. Namun disebutkan Bambang tidak secara keseluruhan karyawan pertambangan dilakukan uji kompetensi. Tetapi melalui beberapa tahap. Diantaranya, peserta yang berhak mengikuti ujian kompetensi diprioritaskan kepada karyawan yang telah bekerja maksimal 8 tahun di Pertambangan.
 
"Peserta yang dsertifikasi adalah mereka yang sudah bekerja selama 8 tahun. Dan ujian kompetensi ini wajib dilakukan sebagai pengakuan kelayakan mereka dalam bekerja dibidang pertambangan,"jelasnya sembari menambahkan bahwa peserta yang dinyatakan telah kompeten akan diberikan sertifikat/SK dari perusahaan.
 
Sementara itu, Rajulisman, selaku Jendral Suverpisor Traning Departemen PT Newmont Nusa Tenggara, menegaskan,  selain karyawan pertambangan yang dianggap telah memenuhi persyaratan untuk mengikuti ujian kompetensi, tim penguji juga sebelumnya harus mengantongi sertifikasi sebelum terlibat dalam tim Asesor (tim penguji)
"Sebelum terlibat dalam Tim Asesor, kami juga telah melewati tahapan yang sama dilakukan uji kompetensi,"sebutnya seraya mengakui PT NNT sendiri telah dipercayakan menggelar ujian kompetensi sebanyak tiga kali.
 
Di Republik Indonesia sendiri terdapat beberapa  lokasi perusahaan Tambang yang dianggap memenuhi persyaratan tempat ujian kompetensi dilakukan. Diantaranya sebut Rajulisman, PT Newmont Batu Hijau Nusa Tenggara (PT NNT), perusahaan Tambang Bukit Asam Sumatra Selatan, Perusahaan Timah di Bangka Belitung. Sedangkan Freeport dan Kimko sedang dalam proses rekomendasi.(dEkA)
 
 
Kategori: