Pesan Walikota: Pertahankan Juara Umum O2SN dan FLS2N Tingkat Provinsi

         

Mataram, SumbawaNews.com – Walikota Mataram, H Ahyar Abduh berpesan kepada para atlet, peserta Olimpiade Olahraga Siswa Nasional dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N-V) tingkat Kota Mataram tahun 2012 agar dapat mempertahankan predikat juara umum pada pelaksanaan tingkat provinsi tahun 2011 lalu.

Orang nomor satu di kota bermottokan maju, religius dan berbudaya ini pun menjanjikan bonus bagi para atlet berprestasi sebagai bentuk perhatian pemerintah kota sekaligus untuk memotivasi mereka mempertahankan predikat juara umum pada pelaksanaan tingkat provinsi tahun ini.

”Tentunya (ini dilakukan) dengan meningkatkan perolehan medali pada setiap mata lomba,” kata walikota saat membuka kegiatan O2SN dan FLS2N di Lapangan Umum Kota Mataram, Kamis (3/5). Kegiatan O2SN dan FLS2N-V Kota Mataram sendiri akan berlangsung mulai 3 – 6 Mei 2012, dengan jumlah peserta sebanyak 590 orang atlet dari tingkat SD/MI hingga SMA/SMK/MA.

Sedangkan terhadap Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Mataram, walikota memberikan aprseasinya atas penyelenggaraan kegiatan ini karena telah memberikan motivasi dan menjadi ajang penyaluran bakat dan minat siswa di bidang olahraga. Apalagi pelaksanaannya secara berjenjang mulai tingkat sekolah, kecamatan, kota, provinsi dan nasional.

Olahraga dan seni, menurut walikota merupakan bagian penting dalam pembinaan generasi muda agar dapat menjadi generasi berkualitas secara fisik dan mental. Dia pun berharap generasi muda sebagai calon pemimpin bangsa tidak hanya pintar secara intelektual, namun juga bugar secara fisik dan memiliki kreativitas tinggi.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana O2SN dan FLS2N Kota Mataram Tahun 2012, B Karo-Karo mengungkapkan, kegiatan O2SN dan FLS2N-V ini akan berlangsung mulai 3–6 Mei 2012 dengan jumlah peserta sebanyak 590 orang atlet, terdiri atas 260 orang atlet untuk tingkat SD/MI dengan 12 cabang olahraga, 140 orang atlet untuk tingkat SMP/MTs dengan tujuh cabang olahraga, dan 140 orang atlet untuk tingkat SMA/SMK/MA dengan empat cabang olahraga. Sedangkan peserta PLS2N sebanyak 150 orang dan akan mengikuti sebanyak 13 cabang lomba.

Adapun cabang-cabang olahraga O2SN, meliputi atletik, senam, renang, tenis meja, bulutangkis, voli mini, pencak silat, sepak bola, tenis, catur, karate dan sepak takraw. Sedangkan mata lomba FLS2N terdiri dari lomba tari tradisional, seni baca Al-Quran, vokal grup, cipta lagu, nyanyi solo, menulis cerpen, cipta puisi, seni lukis, desain motif batik, pidato Bahasa Indonesia, musik kreasi daerah dan lomba cerita bersambung.

”Altet pemenang lomba pada tingkat Kota Mataram akan menjadi perwakilan Pemkot Mataram mengikuti even serupa tingkat Provinsi NTB pada bulan Juni dan mengikuti tingkat nasional pada bulan Juli di Palembang,” paparnya.

Acara pembukaan kegiatan O2SN dan FLS2N-V Tahun 2012 tingkat Kota Mataram ini berlangsung semarak. Selain mempertunjukkan atraksi tendangan pertama Walikota Mataram, juga menyuguhkan beberapa kesenian dan tarian tradisional dari para siswa setempat. Pada kesempatan ini tampak hadir seluruh jajaran Dinas Dikpora dan para kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemkot Mataram. [Idham Halik/nir/Nyem foto humas]

 

Kategori: