Personel Mabes TNI Hadiri Ceramah Rohani di Mabes TNI

 

Jakarta, Sumbawanews.com.- Segenap personel Mabes TNI, baik militer maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS) menghadiri ceramah agama Islam dengan penceramah DR. KH. Nurwahidin MS, M.Ag., di GOR  A. Yani Mabes TNI Cilangkap Jakarta, Rabu (14/3). Dalam acara tersebut dibacakan Ayat-ayat Suci Al-Qur’an Surat Al Ahzab ayat 21 dan Surat Ali Imran ayat 144 oleh Mayor Sus H. Syukri Sapulaha, Serka Novri dan Sertu H. Yuska serta diakhiri dengan doa bersama.
 
DR. KH. Nurwahidin MS, M.Ag., dalam ceramahnya menguraikan bahwa dalam hidup dan kehidupan sehari-hari harus meneladani hidup dan kehidupan Rasulullah Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu, Rasul bagi kita adalah figur, contoh, teladan dalam hidup dan kehidupan kita. Rasulullah SAW dalam hidup dan kehidupan ini harus djadikan figur, contoh, teladan dalam hidup dan kehidupan. 
 
Dalam hidup dan kehidupan Rasulullah paling tidak ada 4 hal yang direformasi, diperbaiki dan diperjuangkan selama 23 tahun,  yaitu pertama Islahul Aqidah, mengislahkan Aqidah Islamiyah. Karena aqidah merupakan fondasi yang amat sangat mendasar dalam hidup dan kehidupan umat Islam. Rasul membereskan aqidah tersebut dengan cara senantiasa mengucapkan kalimatul tayyibah, Lailaha ilallah Muhammadarasulullah. Tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad itu utusan Allah. Inilah yang harus tertanam dalam hati setiap orang-orang yang beriman atau muslim yaitu Aqidah Islamiyah.
 
Kedua, Islahul Ibadah yaitu mengislahkan peribadatan. Kita dicipkakan oleh Allah SWT hanya untuk mengabdi dan berbakti kepada-Nya. Ibadah kepada Allah yang dilakukan dengan cara ikhlas, baik dan benar sesuai yang dicontohkan oleh Rasulullah dalam hidup dan kehidupan-Nya.
 
Ketiga, Islahul Muamalah. Hidup dan kehidupan ini tidak bisa sendirian, perlu perjuangan orang lain, sangat membutuhkan satu sama lain. Orang kaya membutukan orang miskin, orang miskin membutuhkan orang kaya, sebab kalau tidak ada kedua-duanya tidak akan menjadi sinergi. Sebagai seorang manusia harus senantiasa bermuamalah. Satu dengan yang lainnya harus senantiasa hormat kepada yang lebih tua dan menyayangi atau mengasihi kepada yang lebih muda. Inilah konsep yang ada di dalam Islam.
 
Keempat, Islahul Tarbiyah atau mengislahkan pendidikan. Pendidikan sangat penting, karena pendidikan justru merupakan cikal bakal untuk kejayaan, kesuksesan hidup kehidupan baik di dunia maupun di akhirat. Barang siapa ingin mengejar kehidupan di dunia tidak bisa dicapai kecuali dengan ilmu dan barang siapa ingin mengejar hidup dan kehidupan di akhirat tidak bisa kecuali dengan ilmu dan barang siapa ingin mengejar hidup dan kehidupan di dunia dan akhirat tidak bisa dicapai kecuali dengan ilmu pengetahuan. 
 
 Selain ceramah Rohani Islam, Mabes TNI juga menyelenggarakan ceramah rohani Kristen bertempat di Aula Gatot Subroto dengan penceramah Pendeta Dr. Stevano Ambesa dan ceramah rohani Hindu di Pura Mabes TNI dengan penceramah Letkol Caj Nyoman Suratha, S.Ag,. M. Pil. (sn01)
 
 
Kategori: