Paus Biru Terdampar di Labuhan Lalar

TALIWANG, SumbawaNews.Com Warga pesisir pantai Labuan Lalar Kecamatan Taliwang Sumbawa Barat, digemparkan dengan terdamparnya seekor  paus raksasa. Paus yang memiliki panjang 16,85 meter dengan perut  berdiameter 5,70 meter ini diperkirakan berbobot 5 ton lebih dan terdampar, Minggu ( 29/6 ) sekitar pukul 01.00 Wita.

“Saat ditemukan oleh nelayan yang pulang melaut, kondisi paus masih hidup bahkan sesekali menyemburkan air dari lubang semburnya. Namun sekitar pukul 08.00 wita, hewan mamalia tersebut sudah menjadi bangkai,” ungkap, Kepala Desa Labuan Lalar, Khaerul Rasikin, diwawancara, Minggu 30/06.

Menurutnya para Warga setempat  telah melakukan penyelamatan dengan upaya mendorong paus ketengah ke tengah laut , Namun, karena minimnya peralatan penyelamatan membuat  paus bersirip pendek itu tidak terselamatkan dan langsung mati  dalam beberapa jam setelah terdampar.

Ia mengaku  belum mengetahui persis apakah paus tersebut adalah jenis yang sama seperti  yang terdampar di Pantai Balat Kecamatan Taliwang, belum lama ini. Ia bahkan enggan memutuskan apakah paus tersebut layak dikonsumsi atau tidak. “ Saya tidak berani pastikan, Tapi menurut warga, katanya sih bisa dikonsumsi,” timpalnya.  (edi Chandra )

 

Kategori: