Panglima TNI : Emansipasi dan Non-Diskriminasi adalah Nilai Dasar Perjuangan RA Kartini

Jakarta, Sumbawanews.com.-  Emansipasi dan Non-Diskriminasi merupakan dua nilai dasar perjuangan RA Kartini terhadap kaum perempuan, hal ini kemudian menjadi fundamen bagi terbukanya peran dan kiprah kaum wanita di jaman modern saat ini maupun dimasa yang akan datang. Demikian sambutan Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono S.E yang dibacakan Aspers Panglima TNI Marsda TNI Bambang Wahyudi pada acara Syukuran Apel Bersama Wanita TNI 2012 di GOR Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, Senin (23/4).
 
Lebih lanjut disampaikan bahwa RA Kartini adalah sosok wanita yang memiliki prinsip dan keyakinan teguh akan kebenaran nilai yang diperjuangkan. Kecerdasan dan cara pandang visioner menjadi identitas dirinya bahkan sangat jauh menembus jaman dan melintasi generasinya sendiri. Melalui renungan sejarah pada peringatan Hari Kartini ini, Panglima TNI mengharapkan agar RA Kartini dapat dijadikan sebagai inspirasi, contoh dan idola utama bagi kaum Wanita Indonesia, khususnya prajurit Wanita TNI dalam seluruh kiprah pengabdiannya baik sebagai ibu rumah tangga maupun sebagai wanita karier.
 
Terkait dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi serta terbukanya akses pengetahuan global, hendaknya para Wanita TNI dapat menyikapi dengan bijak agar terhindar dari pengaruh buruk yang dapat melemahkan sendi – sendi luhur kehidupan berbangsa dan bernegara. Wanita TNI patut berbangga hati karena mampu mengemban tugas dan peran gandanya yaitu sebagai pemangku kodrat sebagai wanita dan selaku pemegang hak untuk berkarier secara serasi, selaras dan seimbang.
 
Dalam acara syukuran ini ditampilkan Fashion Show dari Wanita TNI dengan menampilkan busana batik karya Danar Hadi, Modern Dance dari Kowal dan Wara serta persembahan tari tradisional Bajidor Kahot dan Yek Oyek. Pada kesempatan tersebut juga ditampilkan para pemenang Lomba Band dalam acara Festival Band Wanita TNI tahun 2012 yaitu Kanya Sena Band (Wara Jakarta), Sri Sena Band (Kowad Bandung) dan Dara Laut (Kowal Jakarta).
           
Adapun berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka Apel Bersama Wanita TNI 2012 ini adalah Lomba Presentasi dalam Bahasa Inggris dan MC Dinner serta Lomba Keluwesan, dilanjutkan dengan Ceramah Kesehatan dan Kecantikan, Donor Darah, Bhakti Sosial berupa pengobatan gratis dan sumbangan buku di daerah Bekasi, Olahraga Bersama Wanita TNI dilanjutkan Festival Band Wanita TNI 2012, tampil di Bukan 4 Mata dan Rangking 1 di stasiun TV Swasta.
           
Turut hadir dalam acara syukuran tersebut diantaranya Ibu Lilik Suparno selaku Ibu Catra Ratnanggadi Jala Sena, Ibu Imam Sufaat selaku Ibu Winayadhati Kanya Sena, Ibu Waris selaku Ibu Raksa Karini Sri Sena Dam Jaya, Aspers Panglima TNI, para Asisten Panglima TNI serta Kapuspen TNI. (sn01)

 

 

Kategori: