Muhaimin Temui Pendemo Mayday

Jakarta, Sumbawanews.com.- Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar menemui ribuan pekerja/buruh yang sejak pagi telah menggelar unjuk rasa Hari Buruh Internasional (Mayday) di kantor Kemnakertrans Jakarta pada Selasa (1/5).  

Ribuan buruh yang berunjuk rasa di Kantor Kemnakertrans diantaranya berasal dari serikat pekerja/serikat buruh yang tergabung Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia dan Konfederasi Serikat Nasional, dan beberapa serikat pekerja/buruh lainnya.  

Dalam orasi dan  pernyataannya para pekerja dan buruh mendesak pemerintah agar memperhatikan nasib buruh, meningkatkan upah dan kesejahteraan  pekerja, penghapusan outsourcing, hentikan union busting dan perlindungan terhadap pekerja Indonesia di luar negeri.   Setelah beberapa saat menemui  perwakilan pekerja / buruh, Menakertrans Muhaimin Iskandar akhirnya menemui para pendemo yang berada di depan gedung kantor Kemnakertrans.  

“Perjuangan buruh sama dengan perjuangan pemerintah untuk semua pekerja dan kita bahu membahu menyejahterakan pekerja dan buruh,” ujar Menakertrans Muhaimin Iskandar dalam orasinya di depan ribuan pendemo yang memadati halaman kantor Kemnakertrans.  

Muhaimin mengatakan pemerintah dan buruh bukan berbeda, melainkan partner dalam bekerja sama. Pemerintah, pekerja dan pengusaha harus menyatukan kekuatan untuk memperjuangkan apa yang menjadi perjuangan bersama.  

“Pada dasarnya pemerintah sama sekali tidak suka dengan sistem outsourcing dan berharap tidak ada sistem kerja dengan cara itu. Pemerintah akan super ketat mengawasi penerapan sistem outsourcing, karena sebenarnya sistem itu menyengsarakan rakyat,” kata Muhaimin.  

“Semua mengakui, outsourcing mengsengsarakan para pekerja. Outsourcing harus tidak dilaksanakan secara membabi buta dan mengsangsarakan.  Kita sepakat pengawasan dan penegakan hukum harus dilakukan secara betul oleh pengawas ketenagakerjaan secara maksimal,” kata Muhaimin.  

Muhaimin kembali mengatakan agar pemerintah, pekerja dan pengusaha harus bersatu karena semua sama satu visi untuk tujuan mensejahterakan buruh dan masyarakat Indonesia.  

 

Ucapkan Selamat Hari Buruh

Dalam kesempatan ini Muhaimin mengucapkan selamat hari buruh kepada seluruh pekerja dan buruh di seluruh Indonesia : “Saya mengucapkan selamat hari buruh untuk saudara-saudaraku,  sahabat-sahabatku para buruh se Indonesia, selamat melaksanakan hari raya buruh internasional, kita jadikan momentum peringatan hari buruh internasional ini sebagai kebersamaan kita untuk berjuang untuk mewujudkan kesejahteraan, kemakmuran para buruh dan pekerja Indonesia,” kata Muhaimin.(SnO1)

 

 

Kategori: