Kapal Ferry Nusa Abadi Kandas: Evakuasi Berlangsung, Aktivitas Syahbandar Poto Tano Mati Suri

Poto Tano, SumbawaNews.Com.-  Terkait kandasnya KMP Nusa Abadi pada Minggu (26/08) pukul 19.30 diujung selatan Pulau Paserang 2 mil dari Pelabuhan Poto Tano, dari hasil pantauan Sumbawanews.com hingga pukul 24.45 witeng saat evakuasi penumpang berlangsung, tidak ada satupun petugas Syahbandar Poto Tano yang melakukan pendataan evakuasi maupun dari pihak pemda Sumbawa Barat, dan ASDP poto tano. Padahal dalam ketentuan setiap kapal yang mengalami musibah yang bertanggung jawab atas keselamatan penumpang adalah Syahbandar terutama dalam melakukan pendataan penumpang yang selamat agar bisa dapat dicocokkan dengan Manifest saat muat.

Wartawan SumbawaNews.Com saat mencoba mengkorfirmasi petugas piket syahbandar diruang kerjanya, ternyata tidak ada seorangpun yang ada, semuanya pada turun ke TKP musibah kapal. Hal ini sangat disayangkan oleh seorang penumpang kapal yang selamat, “sudah 3 jam saya menunggu diruang tunggu, tidak ada satu petugaspun yang datang mendata kami, padahal itu kewenangannya syahbandar,“ kata ibu Makaroda kepada Sumbawanews.com beberapa saat yang lalu.

Kekecewaan ibu Makaradodapun sangat beralasan, hal ini disebabkan lambannya penanganan evakuasi penumpang oleh pihak terkait terutama pihak syahbandar membuat para penumpang banyak yang kecewa, walaupun evakuasi sedang dilakukan, “masa Syabandar tidak bisa mengambil keputusan segera, dengan mengirimkan kapal bantuan,“ katanya singkat.

Hingga berita ini diturunkan evakuasi baru berjalan 50%. saat ini sudah dikerahkan dari Tim SAR Kayangan, Tagana Sumbawa Barat, Pihak Pol Airud, Personil Kepolisian Sumbawa Barat dan beberapa Dinas Kesehatan Sumbawa Barat. (Edi Chandra)


 

Kategori: