Jumpa Pers Ketua DPD RI Molor, Wartawan Ngumpet

Jakarta, Sumbawanews.com.- Kegiatan jumpa pers yang dilakukan oleh Ketua Senat (sebutan Ketua DPD RI, Red) selalu molor dari jadwal yang telah ditetapkan oleh Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) DPD RI, Syiaruddin.

Semestinya Irman Gusman tampil memberi contoh disiplin waktu di lingkup DPD RI karena dia sebagai Ketua Senat harus menjadi cermin dari seluruh Senator yang mendiami gedung Parlemen. Namun  para wartawan Parlemen tidak dapat menutupi kekesalannya dengan melemparkan persoalan keterlambatan jumpa pers kepada Kepala Pusdatin, Syiaruddin.

Senin, 30/4/2012 Wartawan berkumpul sejak pukul 12.30 WIB dilantai delapan disamping ruang Ketua Senat, Irman Gusman di Komplek Parlemen Senayan Jakarta guna menghadiri jumpa pers menyangkut sikap DPD tentang peringatan hari Buruh Sedunia yang jatuh tgl, 1 Mei dan nasib TKI NTB yang tewas di Malaysia. Hingga pukul 13.00 WIB juga belum ada tanda-tanda akan adanya Jumpa Pers. Sumbawanews.com mencari tahu tenatang sebab terjadinya keterlambatan waktu dalam Jumpa Pers.

Seorang staf di lingkup Humas DPD RI yang identitasnya tidak mau dipublikasikan mengaku belum mendapatkan informasi tentang ketepatan waktu jumpa pers Ketua Senat, Irman Gusman. Pergerakan Sumbawanews.com menelusuri ruangan tempat operator sound system yang di nakhodai oleh empat orang. "Pak kami ini sudah dari tadi pagi mempersiapkan acara ini tapi hingga pukul 13.45 WIB acara juga belum dilaksanakan" ungkap narasumber yang enggan identitasnya dipublikasikan.  

Kekesalan narasumber kembali diungkapkan dengan menyuruh Sumbawanews.com dan wartawan lainnya meboikot jumpa pers Irman Gusman. "Boikot aja Pak, emangnya wartawan hanya nunggu Irman Guslow saja jadi nara sumber. Namanya kan Irman Guslow, jadi orangnya slow" ungkap narasumber yang  kesal dengan molornya waktu jumpa pers.

Ketua Komite I DPD RI, Alirman Sori yang keluar dari ruangan Irman Gusman ketika dimintai keterangannya didepan lift lantai delapan mengatakan acara jumpa pers sebentar lagi akan dilaksanakan. "Sudah siap tunggu sebentar lagi"  kata Alirman Sori kepada Sumbawanews.com sambil memasuki lift.

Dari dalam lift yang berbeda beberapa wartawan foto melecehkan Kepala Pusdatin, Syiaruddin yang akrab dipanggil pak Udin. "Pak Udin nggak pernah on time buat acara selain acara dialog Kenegaraan" umpet wartawan dari dalam lift meninggalkan acara jumpa pers. "Sumbawanews juga ikut turun ya" tanya Syiaruddin yang sudah bingung melihat wartawan ngacir meninggalkan lantai delapan. "Entar pak gelombang kedua saya turun" ungkap Sumbawanews.com kepada Kapusdatin yang terlihat terpukul karena ditinggal oleh para wartawan.

Menanggapi pelecehan yang dilakukan oleh para wartawan, Syiaruddin menahan nafas dengan wajah tegang sambil berjalan mondar mandir menenangkan dirinya. Ketika Sumbwanews.com mengkonfirmasi Syiaruddin pada pukul 14.00 WIB menyangkut waktu jumpa pers Irman Gusman, dirinya mengalihkan persoalan ke luar gedung. "Diluar udah mendung belum" katanya dengan raut wajah kecewa melihat para wartawan yang ngacir meninggalkan lokasi.

Lima menit sebelum Ketua Senat, Irman Gusman menyambangi wartawan, Kapusdatin bergerak sangat agresif memberi perintah kepada stafnya untuk menelepon wartawan agar dapat hadir di acara jumpa pers. Tak lama berselang para wartawan berkumpul di acara jumpa pers.

Kertua Senat, Irman Gusman didampingi Senator dapil NTB, Farouk Muhammad berjalan menghampiri wartawan yang sudah menunggu lama. "Rekan-rekan wartawan sudah makan belum" tanya Irman Gusman kepada para wartawan yang disambut oleh salah seorang wartawan mengatakan "makan apa pak" jawab salah seorang dari tengah kerumunan wartawan. (Zainuddin)

 

 

Kategori: