Isi Kalender Eksplorasi PTNNT Digugat

 

Sumbawa Besar, SumbawaNews.com.- Dewan Perwakilan Rakyat Pemantau Adat Samawa (DPR-PAS) Kamis, (20/4) menggelar orasi di depan Kantor DPRD Sumbawa dan Kantor Perwakilan PT Newmont Nusatenggara (PTNNT). 
 
Mereka mengecam keras tentang beredarnya ribuan kalender tahun 2012 tentang promosi eksplorasi PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) yang memuat falsafah hidup Tau Samawa. Semestinya falsafah itu berbunyi “Kerik Salamat Tau Ke Tana Samawa” namun yang tertulis dalam kelender yang beredar di masyarakat tersebut berbunyi ”Kerik Salamat Tana Ke Tau Samawa”. 
 
Sehingga hal ini dinilai telah mencederai budaya dalam konteks bahasa daerah dan melahirkan ketersinggungan  bagi masyarakat, yang seolah-olah PTNNT lebih mementingkan keselamatan sumber daya alam ketimbang sumber daya manusia. 
      
Presidium DPR-PAS Muhammad Taufan mengatakan, pihaknya menyesalkan sikap pemerintah dan lembaga adat yang terkesan bisu menanggapi kondisi ini. Pihaknya berharap agar manajemen PTNNT segera menarik kalender tersebut dan memusnahkan di hadapan publik, meminta manajer eksplorasi H. Kasan Mulyono, untuk segera meminta maaf secara tertulis kepada seluruh masyarakat Sumbawa melalui media lokal dan nasional, dan meminta Lembaga Adat Tana Samawa (LATS) untuk memantau terkait keputusan dan kebijakan yang digunakan oleh perusahaan, sehingga tidak terjadi kesalahan atas nama apapun. (SNY)
 
 
Kategori: