HOME UTAMA DAERAH | NASIONAL | INTERNASIONAL | EDITORIAL | OPINI | PENDIDIKAN | AGAMA | UNIK | TECHO | FOTO | SITUSKU CERITA RAKYAT | BUDAYA SEJARAH | WISATA | JOKE PUISI | SASTRA  | MOTIVASI | BEASISWA

Festival Moyo 2013

Momen Festival  Moyo 2013 ajang untuk mengaktualisasikan diri bagi budayawan, seniman, pegiat pariwisata, masyarakat samawa dan tentunya bagi pemerintah daerah dalam membangun bumi sabalong samalewa. Penyelenggaraan festival moyo  2013 yang merupakan tahun kedua pelaksanaan serangkaian event-event seni, budaya, kearifan lokal masyarakat taha samawa yang menawarkan wisata alam, wisata budaya dan seni, wisata sejarah dan juga merupakan Starting point  pembangunan pariwisata di bumi mampis rungan
Pelaksanaan even budaya ini, diharapkan menjadi multi player effect  bagi kemajuan di bidang pariwisata baik peningkatan arus kunjungan wisata, naiknya tingkat konsumsi masyarakat yang menggerakkan kegiatan produksi , meningkatnya nilai investasi yang terkelola, baik itu industri hulu maupun industri hilir. Hingga  pada akhirnya terjadi peningkatan pendapatan masyarakat karena kesempatan kerja semakin luas dan angka pengganguran dapat di tekan secara signifikan.
Salah satu penopang wisata yang bersinergi dengan even Festival Moyo adalah industri otomotip dan para bikers yang berkutat pada petualangan atau offroader dengan motor modifikasi. Betapa tidak, dengan modal motor modif yang dikerjakan para modifikator lokal maupun luar daerah mereka dapat menikmati keindahan panorama pesisir dan pedalaman sumbawa yang eksotik. Para roff roader dengan liarnya dapat  melakukan manuver pada lintasan penuh tantangan dalam rimba, padang savana, tegalan dan pesisir pantai utara sumbawa yang kaya dengan keindahan penorama alam yang memukau.
Disisi yang lain para modifikator motor sebagai pemasok motor modifikasi dalam even Festival Moyo juga menjadi bagian yang penting dari even ini. Karena itulah panitia kegiatan membuat even khusus untuk memberi ruang dan apresiasi yang tinggi bagi para modifikator motor tua menjadi off road motor dengan gelaran Lomba Modifikasi Motor. Ajang penilaian kreasi ini akan berdampak pada tingginya permintaan pasar motor offroad modifikasi baik karena ajang offroad maupun pada momen lomba modifikasi. Pada aspek ini tentu saja akan menyedot perhatian para petualang motor offroad luar daerah untuk ambil bagian dalam even penuh tantangan. Selain karena hobby tentu saja mereka ingin menjajal tipikal alam liar dan pedalaman Sumbawa sekaligus menguji endurance dan ketangkasan motor mereka.
Bagaimana dengan generasi muda Sumbawa sendiri? Mereka tentu saja menjadi pioner bahkan menjadi pembuka jalan bagi peserta dari luar Kabupaten Sumbawa. Selayaknya generasi muda atau offroader muda Sumbawa dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Jika tidak maka mereka akan menjadi penonton dan tidak dapat memberikan nilai tambah bagi penyelenggaraan even ini. Tentu saja pemerintah dalam hal ini  Disporabudpar Kabupaten berharap generasi mudalah yang tampil di depan gelaran offroad even ini dan di tangan merekalah cawan-cawan manis madu Sumbawa ditawarkan pada offroader luar daerah sebagai bentuk keramahtamahan Sumbawa.
Momen Festival Moyo dengan offroad yang bakal digelar tanggal 28 September 2013 mendatang, selain diharapkan menjadi ajang promosi pariwisata juga menjadi momen peningkatan kecintaan generasi muda dengan lingkungan hidupnya, adanya peningkatan etos kerja generasi muda dalam hal otomotif dan adanya mentalitas berkendara yang terukur seperti sopan di jalan raya dan dapat bermanuver di rimbaraya Sumbawa. Pemuda atau generasi muda pada titik ini menjadi tumpuan dan harapan  bagi suksesnya pelaksanaan offroad Festival Moyo 2013 baik pada sesi Jelajah Wisata Motor atau offroad maupun pada sesi Modifikasi Motor tua.
Khusus modifikasi motor tua, gelaran ini diharapkan dapat meningkatkan etos kerja dan kreatifitas para modifikator dalam mencipta dan mendisain motor yang layak digunakan untuk offroad. Hal ini penting mengingat kebutuhan kendaraan offroad meningkat tajam dalam tahun-tahun terakhir ini. Beberapa kecamatan di Kabupaten Sumbawa sudah mendirikan club-club offroader yang tentu saja dapat menjadi kegemaran yang tidak saja sebagai pemuasan hobby semata tetapi dapat menjadi kegiatan positip bagi kecintaan terhadap lingkungan hidup. Modifikasi motor offroad dalam even ini, dapat menjadi lahan ekonomi yang baik bagi kebutuhan motoroffroad lokal sumbawa maupun kebutuhan luar daerah.
Potensi ekonomi modifikasi motor yang menjadi ikutan dari kegiatan Festival Moyo ini dapat terus menjadi pemacu pertumbuhan ekonomi yang dikelola pemuda. Momen Festival Moyo ini dapat menjadi promosi yang sangat signifkan bagi modifikator Sumbawa. Dengan desain yang bagus dengan endurance mesin yang  mumpuni tentu saja dapat menaikkan grade produk dan pada gilirannya bisa merebut pangsa pasar bukan saja pada level lokal tapi juga pada level regional maupun level nasional.
Festival Moyo selain pada sisi peningkatan perhatian generasi muda pada kegiatan wisata alam dan produk kendaraan off road, ia juga menjadi hajatan yang kuat bagi pertumbuhan ragam ekonomi sektor pariwisata hingga dapat menyumbangkan PAD yang berarti bagi Tana Samawa. Para pelaku yang aktif dalam kegiatan Festival Moyo tentu saja adalah mereka yang memiliki jiwa-jiwa enterpreneur yang dapat melihat peluang-peluang usaha wisata yang baik dan dapat dikembangkan di masa-masa yang akan datang.
Kita memberikan apresiasi yang tinggi dan ucapan selamat menorehkan bakti bagi suksesnya Festival Moyo yang ke II tahun 2013. Jiwa-jiwa enterpreneur yang dengan bangga mempersembahkan usaha wisata bagi percepatan pembangunan di bidang wisata Sumbawa adalah pejuang yang berada di front terdepan pembangunan di Bumi sabalong Samalewa. Selamat mengikuti Festival Moyo 2013,semoga Pariwisata Sumbawa nyata dan bermakna bagi semua masyarakat Sumbawa,amin.



Oleh: Harun Arsul,SE

Kategori: